RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas / semester : IV (Empat) / Ganjil
Tema/ sub tema : 1. Indahnya Kebersamaan / 2. Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke- : 2 (Dua)
Alokasi waktu : 07.00 – 12.10
Kelas / semester : IV (Empat) / Ganjil
Tema/ sub tema : 1. Indahnya Kebersamaan / 2. Kebersamaan Dalam Keberagaman
Pembelajaran Ke- : 2 (Dua)
Alokasi waktu : 07.00 – 12.10
A. KOMPETENSI
INTI
.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
(mendengar, melihat,membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya
di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
1. BAHASA INDONESIA
3.2 Menggali informasi dari teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku.
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang
jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku.
2. IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.6 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan
lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
C. INDIKATOR
1. BAHASA INDONESIA
a. Menggali informasi berdasarkan teks wawancara dengan
diskusi
b. Melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar dengan
menggunakan daftar pertanyaan.
c. Menuliskan laporan tentang hasil wawancara berdasarkan
data yang telah dikumpulkan.
2. IPS
a. Menceritakan tentang berbagai jenis pekerjaan dan
kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata)
masyarakat sekitar.
D. TUJUAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu merancang pertanyaan
sebanyak-banyaknya untuk menggali informasi tentang jenis-jenis usaha dan
pekerjaan yang berkaitan dengan seni di wilayah setempat.
2.
Setelah membaca
teks, siswa mampu melakukan wawancara untuk menggali informasi secara rinci.
3.
Setelah
melakukan wawancara, siswa mampu menulis laporan tentang hasil wawancara secara
rinci.
4.
Berdasarkan data
hasil wawancara, siswa mampu menceritakan tentang berbagai jenis pekerjaan dan kegiatan
ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata) masyarakat sekitar
secara rinci.
E. MATERI
1.
Wawancara
2.
Menulis laporan
F. PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan
: scientific
2. Metode : Diskusi,
Ceramah, Tanya jawab, Penugasan.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Salam dan
mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3.
Bertanya
kepada siswa tentang cendramata di daerah sekitar yang diketahui dan
kegunaannya
4.
Menginformasikan tema
dan sub tema yang akan dipelajari yaitu tema
|
10 menit
|
Inti-1
Memnyiapkan daftar pertanyaan
|
1.
Sebelumnya
siswa telah belajar tentang teks wawancara dan pada pertemuan inidiingatkan
kembali ciri-ciri dari teks tersebut karena mereka akan mendesain pertanyaan untuk
digunakan saat wawancara.
2.
Guru
membawa gambar (apabila memungkinkan membawa benda aslinya) berbagai
cenderamata khas daerah dan melakukan curah pendapat dengan siswa mengenai
asal daerah, gambaran dari cenderamata, manfaat cenderamata bagi daerah asal
dan pembeli.
3.
Siswa
menyiapkan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara sesuai petunjuk yang
terdapat dalam buku siswa. Pertanyaan dibuat dalam bentuk peta pikiran.
Pertanyaan
meliputi:
a.
produk
yang dihasilkan
b.
jumlah
orang yang bekerja
c.
lamanya
bekerja
d.
biaya
yang dibutuhkan untuk menghasilkan cenderamata
e.
keuntungan
yang dihasilkan
f.
alasan
pemilihan bentuk
g.
cara
bekerja pembeli (dari mana, jumlah)
h.
pertanyaan
lainnya yang berhubungan dengan
tema/materi
4.
Ketika
siswa merancang pertanyaan, guru memberikan motivasi agar siswa membuat
pertanyaan yang fokus dan menggali informasi sesuai tema. Selain itu, penting
bagi guru untuk mengingatkan siswa tentang sopan-santun dan etika ketika
melakukan wawancara.
|
70 menit
|
ISTIRAHAT
|
15 Menit
|
|
Inti-2
Melakukan wawancara
|
1.
Siswa
melakukan wawancara di sekitar sekolah atau mendatangi lokasi pengrajin
setempat atau mendatangkan narasumber.
2.
Siswa
melakukan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan yang telah dibuat.
3.
Siswa membuat
laporan dengan melengkapi tabel yang ada pada buku siswa.
|
70 menit
|
ISTIRAHAT
|
15 menit
|
|
Inti-3
Membuat laporan wawancara
|
1.
Siswa
bertukar lembar hasil wawancara dengan pasangannya dan saling mempertanyakan
lebih lanjut hasil wawancara tersebut untuk menggali informasi.
2.
Siswa menulis perenungan pada buku siswa.
3.
Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan perenungan di halaman 150.
|
70 Menit
|
Pengayaan dan Remidial
|
1.
Pengayaan
Peningkatan kualitas pertanyaan dengan cara mengkaji pertanyaan yang
jawabannya tidak
memuaskan dan kemudian menambahkan pengantar atau ilustrasi sehingga
jawaban
sesuai harapan.
2.
Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum terampil dalam
merancang pertanyaan
dengan tepat (jenis pertanyaan sangat terbatas). Guru membantu siswa
mempraktikkan
pertanyaan yang telah dirancang dan memberikan masukan yang
diperlukan. Kegiatan ini berlangsung setelah jam sekolah selama 30 menit atau
pada waktu lain yang memunginkan.
|
45 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik individu maupun kelompok
4.
Menginformasikan
kegiatan pembelajaran di pertemuan yang akan datang
5.
Mengajak siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran).
6.
Salam
penutup
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
Sumber Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
1. Kurikulum 2013
2. Afriki, dkk (2013). Indahnya Kebersamaan: Buku Guru Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
3. Afriki, dkk (2013). Indahnya kebersamaan : Buku Siswa Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Media
1.
Beberapa contoh
gambar cendermata khas daerah dengan menggunakan power point.
I. PENILAIAN
Terlampir
Terlampir
Mahasiswa
Devi
Nurlevia Sari
F37011040
F37011040
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik : Peta Pikiranku Memuat ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa,
Bagaimana) dinilai dengan daftar
periksa. (Bahasa Indonesia)
NO
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Apa
|
||
2.
|
Di mana
|
||
3.
|
Kapan
|
||
4.
|
Mengapa
|
||
5.
|
Bagaimana
|
Penilaian Unjuk Kerja (Proses)
NO
|
Nama
siswa
|
Perolehan
Skor
|
Total
|
|||||||||
Kriteria
1
|
Kriteria
2
|
Kriteria
3
|
Kriteria
4
|
Kriteria
5
|
||||||||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
||||||||||||
2.
|
||||||||||||
3.
|
||||||||||||
4.
|
||||||||||||
Dst
|
Penilaian :
Unjuk Kerja (Proses)
Rubrik : Kerampilan bercerita dinilai dengan daftar periksa. (IPS)
Rubrik : Kerampilan bercerita dinilai dengan daftar periksa. (IPS)
NO
|
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Siswa mampu menceritakan secara runtut
|
||
2.
|
Siswa mampu menjelaskan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari
dengan rinci
|
||
3.
|
Siswa mampu menjelaskan tentang hasil karya seni setempat dengan
rinci.
|
Penilaian Unjuk Kerja (Proses)
NO
|
Nama
siswa
|
Perolehan
Skor
|
Total
|
|||||
Kriteria
1
|
Kriteria
2
|
Kriteria
3
|
||||||
1.
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
Dst.
|
0 komentar:
Posting Komentar