RPP Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  : Sekolah Dasar
Kelas / semester                      : IV (Empat) / Ganjil
Tema/ sub tema                       : 1. Indahnya Kebersamaan / 2. Kebersamaan Dalam                                                                                     Keberagaman 
Pembelajaran   Ke-                  : 2 (Dua)
Alokasi waktu                         : 07.00 – 12.10

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang
dianutnya
.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaanTuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis,dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.      BAHASA INDONESIA
3.2  Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.3  Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.


2.      IPS
3.5  Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
3.6  Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

C.       INDIKATOR
1.    BAHASA INDONESIA
a.    Menggali informasi berdasarkan teks wawancara dengan diskusi
b.    Melakukan wawancara kepada masyarakat sekitar dengan menggunakan daftar pertanyaan.
c.    Menuliskan laporan tentang hasil wawancara berdasarkan data yang telah dikumpulkan.
2.    IPS
a.    Menceritakan tentang berbagai jenis pekerjaan dan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata) masyarakat sekitar.

D.    TUJUAN
1.      Setelah berdiskusi, siswa mampu merancang pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk menggali informasi tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan yang berkaitan dengan seni di wilayah setempat.
2.      Setelah membaca teks, siswa mampu melakukan wawancara untuk menggali informasi secara rinci.
3.      Setelah melakukan wawancara, siswa mampu menulis laporan tentang hasil wawancara secara rinci.
4.      Berdasarkan data hasil wawancara, siswa mampu menceritakan tentang berbagai jenis pekerjaan dan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan hasil karya seni (cenderamata) masyarakat sekitar secara rinci.

E.       MATERI
1.         Wawancara
2.         Menulis laporan


F.      PENDEKATAN DAN METODE
1.      Pendekatan           : scientific
2.      Metode                  : Diskusi, Ceramah, Tanya jawab, Penugasan.


G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.           Salam dan mengajak semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.           Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.           Bertanya kepada siswa tentang cendramata di daerah sekitar yang diketahui dan kegunaannya
4.           Menginformasikan tema dan sub tema yang akan dipelajari yaitu tema
10 menit


Inti-1
Memnyiapkan daftar pertanyaan

1.           Sebelumnya siswa telah belajar tentang teks wawancara dan pada pertemuan inidiingatkan kembali ciri-ciri dari teks tersebut karena mereka akan mendesain pertanyaan untuk digunakan saat wawancara.
2.           Guru membawa gambar (apabila memungkinkan membawa benda aslinya) berbagai cenderamata khas daerah dan melakukan curah pendapat dengan siswa mengenai asal daerah, gambaran dari cenderamata, manfaat cenderamata bagi daerah asal dan pembeli.
3.           Siswa menyiapkan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara sesuai petunjuk yang terdapat dalam buku siswa. Pertanyaan dibuat dalam bentuk peta pikiran. Pertanyaan
meliputi:
a.       produk yang dihasilkan
b.      jumlah orang yang bekerja
c.       lamanya bekerja
d.      biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan cenderamata
e.       keuntungan yang dihasilkan
f.       alasan pemilihan bentuk
g.      cara bekerja pembeli (dari mana, jumlah)
h.      pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan  tema/materi
4.           Ketika siswa merancang pertanyaan, guru memberikan motivasi agar siswa membuat pertanyaan yang fokus dan menggali informasi sesuai tema. Selain itu, penting bagi guru untuk mengingatkan siswa tentang sopan-santun dan etika ketika melakukan wawancara.
70 menit
ISTIRAHAT
15 Menit
Inti-2
Melakukan wawancara
1.      Siswa melakukan wawancara di sekitar sekolah atau mendatangi lokasi pengrajin setempat atau mendatangkan narasumber.
2.      Siswa melakukan wawancara berdasarkan daftar pertanyaan yang telah dibuat.
3.      Siswa membuat laporan dengan melengkapi tabel yang ada pada buku siswa.
70 menit
ISTIRAHAT
15 menit
Inti-3
Membuat laporan wawancara
1.      Siswa bertukar lembar hasil wawancara dengan pasangannya dan saling mempertanyakan lebih lanjut hasil wawancara tersebut untuk menggali informasi.
2.      Siswa menulis perenungan pada buku siswa.
3.      Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di halaman 150.
70 Menit


Pengayaan dan Remidial
1.      Pengayaan
Peningkatan kualitas pertanyaan dengan cara mengkaji pertanyaan yang jawabannya tidak
memuaskan dan kemudian menambahkan pengantar atau ilustrasi sehingga jawaban
sesuai harapan.
2.      Remedial
Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum terampil dalam merancang pertanyaan
dengan tepat (jenis pertanyaan sangat terbatas). Guru membantu siswa mempraktikkan
pertanyaan yang telah dirancang dan memberikan masukan yang diperlukan. Kegiatan ini berlangsung setelah jam sekolah selama 30 menit atau pada waktu lain yang memunginkan.
45 menit
Penutup
1.             Bersama-sama siswa membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.             Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.             Melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik individu maupun kelompok
4.             Menginformasikan kegiatan pembelajaran di pertemuan yang akan datang
5.             Mengajak siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).
6.             Salam penutup
15 menit


H.      SUMBER DAN MEDIA
Sumber Pembelajaran
1.      Kurikulum 2013
2.      Afriki, dkk (2013). Indahnya Kebersamaan: Buku Guru Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Afriki, dkk (2013). Indahnya kebersamaan : Buku Siswa Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Media
1.         Beberapa contoh gambar cendermata khas daerah dengan menggunakan power point.
I.       PENILAIAN
Terlampir

















          Mahasiswa

Devi Nurlevia Sari
        F37011040


Penilaian    : Unjuk Kerja
Rubrik        : Peta Pikiranku Memuat ADIK SIMBA (Apa, Di mana, Kapan, Siapa, Mengapa, Bagaimana) dinilai dengan daftar periksa. (Bahasa Indonesia)

NO
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Apa


2.
Di mana


3.
Kapan


4.
Mengapa


5.
Bagaimana



Penilaian Unjuk Kerja (Proses)
NO
Nama siswa
Perolehan Skor
Total
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Kriteria 5
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
1.












2.












3.












4.












Dst












    
 
Penilaian   : Unjuk Kerja (Proses)
Rubrik       : Kerampilan bercerita dinilai dengan daftar periksa. (IPS)
NO
Kriteria
Ya
Tidak
1.
Siswa mampu menceritakan secara runtut


2.
Siswa mampu menjelaskan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari
dengan rinci


3.
Siswa mampu menjelaskan tentang hasil karya seni setempat dengan rinci.



Penilaian Unjuk Kerja (Proses)
NO
Nama siswa
Perolehan Skor
Total
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3

1.

Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak

2.








3.








4.








5.








Dst.









    



0 komentar:



Posting Komentar