RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan :
Sekolah Dasar
Kelas / semester :
1 (Satu) / Ganjil
Tema/ sub tema :
1. Diriku / 2. Tubuhku
Pembelajaran Ke- :
2 (Dua)
Alokasi waktu :
07.00-10.30
A. KOMPETENSI
INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan pe
rcaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
rcaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, mahkluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR
1. PPKN
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
2. SBDP
3.1. Mengenal cara dari
hasil gambar ekspresi.
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan
hasil pengamatan di
lingkungan sekitar
4.13. Membuat karya kreatif
dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar
melalui kegiatan
melipat, menggunting, dan menempel
3. BAHASA INDONESIA
3.1.
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
4.1.Mengamati
dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
C. INDIKATOR
1. PPKN
a. Mengikuti
aturan dalam kegiatan di sekolah
2. SBDP
a. Menebalkan
garis pada gambar.
b. Mewarnai
gambar.
c. Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh
3.
BAHASA INDONESIA
a.
Membaca
nama-nama anggota tubuh yang dipelajari.
b.
Melengkapi gambar anggota tubuh.
c.
Menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
D. TUJUAN
1.
Dengan
memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh
dengan tepat.
2.
Dengan bermain,
siswa dapat me ma sangkan nama- nama anggota tubuh secara tepat.
3.
Dengan bekerja
kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan
tepat.
E.
MATERI
1.
Membaca
nama-nama anggota tubuh.
2. Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh (Puzzle)
F. PENDEKATAN
DAN METODE
1. Pendekatan
: scientific
2. Metode : Permainan, kerja
kelompok, Tanya jawab, Penugasan.
G. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Mengajak semua siswa
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing.
2.
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa
3.
Bertanya apa saja nama-nama anggota tubuh yang diketahui.
4.
Menginformasikan tema
dan sub tema yang akan dipelajari yaitu tema DIRIKU dan sub tema TUBUHKU
|
10 menit
|
Inti-1
|
1.
Guru menyiapkan
kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
2.
Guru menunjukkan gambar
anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku
siswa.
3.
Siswa membaca nama-nama
anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
4.
Guru memastikan siswa
mampu mengikuti cara mem- baca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan.
5.
Siswa diminta membaca nama-nama
anggota tubuh tersebut secara bergantian.
6.
Sebagai puncaknya siswa
melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar
yang sudah disiapkan secara berkelompok
7.
Siswa menempelkan hasil
pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
8.
Siswa mengerjakan latihan
di buku siswa.
9.
Jika masih ada waktu, maka
kegiatan selanjutnya melengkapi gambar yang ada pada buku siswa halaman 37.
|
85 menit
|
ISTIRAHAT
|
15 Menit
|
|
Inti-2
|
1.
Guru
menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang ada di buku siswa (di buku
siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya tidak beraturan).
2.
Siswa
merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah bimbingan guru.
3.
Guru
menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
4.
Siswa
diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
5.
Masing-masing
kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh.
6.
Setiap
kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut menjadi
gambar tubuh manusia secara utuh.
7.
Kelompok
yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru
dan lainnya.
8.
Siswa
mengerjakan latihan di buku siswa.
9.
Guru dan
siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan
bagaimana.
10.
Setelah
itu siswa diminta mengerjakan latihan
menebalkan huruf di buku siswa.
|
85 menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama siswa
membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar selama sehari.
2.
Bertanya jawab tentang materi yang
telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
3.
Melakukan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik individu maupun kelompok
4.
Menginformasikan
kegiatan pembelajaran di pertemuan yang akan datang
5.
Mengajak siswa berdoa
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran)
6.
Salam penutup
|
15 menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA
Sumber Pembelajaran
Sumber Pembelajaran
1. Kurikulum 2013
2. Assagaf Lubna, dkk (2013). Diriku : Buku Guru Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3. Assagaf Lubna, dkk (2013). Diriku : Buku Siswa Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Media
1.
Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan
nama-namanya
2.
Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan
nama-namanya
3.
Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
4.
Gambar bagian-bagian tubuh (disiapkan oleh guru)
I. PENILAIAN
Terlampir
Terlampir
Mahasiswa
Devi Nurlevia
Sari
F37011040
F37011040
Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik : Memasangkan Nama-nama Anggota Tubuh
Rubrik : Memasangkan Nama-nama Anggota Tubuh
NO
|
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan memasangkan nama anggota tubuh dengan
gambar
|
Semua tepat
|
Tepat 5—7
|
Tepat 3—4
|
Tepat 0—2
|
2.
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat maksimal 5 menit
|
Terlambat lebih dari 5 menit
|
Penilaian Unjuk Kerja (Proses)
NO
|
Nama siswa
|
Perolehan Skor
|
Total
|
|||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
|||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
|||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
4.
|
||||||||||
5.
|
||||||||||
6.
|
||||||||||
7.
|
||||||||||
Dst.
|
Penilaian : Unjuk Kerja (Proses)
Rubrik : Menyusun Potongan Gambar
Rubrik : Menyusun Potongan Gambar
NO
|
Kriteria
|
Baik
sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan menyusun potongan gambar
|
Memasang ke-6 potongan gambar dengan tepat
|
Memasangkan 4-5 potongan gambar dengan tepat
|
Memasangkan 2-3 potongan gambar dengan tepat
|
Hanya memasangkan 1 potongan gambar.
|
2.
|
Ketepatan waktu penyelesaian tugas
|
Selesai sebelum waktu yang ditentukan
|
Selesai tepat waktu
|
Terlambat maksimal 5 menit
|
Terlambat lebih dari 5 menit
|
3.
|
Kerja sama kelompok Seluruh anggota kelompok
berpartisipasi aktif
|
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi
aktif
|
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi
aktif
|
Seluruh anggota kelompok terlihat pasif
|
Penilaian
Unjuk Kerja(Proses)
NO
|
Nama siswa
|
Perolehan Skor
|
Total
|
|||||||||||
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
||||||||||||
1.
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||
6.
|
||||||||||||||
Dst.
|
0 komentar:
Posting Komentar