PERBAIKAN PEMBELAJARAN
MODUL 6
KEGIATAN BELAJAR 1
KEGIATAN REMIDIAL
Kegiatan guru dalam untuk membantu
siswa yang mengalamikesulitan belajar dinamakan kegiatan remidial. Dalam
kegiatan pertama akan mengkaji apa,mengapa,dan bagaimana melaksanakan remidial.
Hakikat kegiatan
remedial
Pengertian remidial dalam Random House
Webster’s Collage Dictionary(1991), remedialadalah intended to improve poor
skill in specified field. Yaitu kegiatan yang dilaksanakan untuk memperbaiki
ketrampilan yang kurang baik dalam suatu bidang tertentu.kegiatan remidial
dilaksanakan untuk memperbaki kegiatan belajar yang kurang berhasil.
Tujuan dan Fungsi
Kegiatan Remidial
Tujuan kegiatan remidial adalah sama
dengan pembelajaan biasa, yaitu emmbantu siswa dalam mencapai tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkanberdasarkan kurikulum yang berlaku. Warkitri
menyebutkan enam fungsi kegiatan remidial dalam kaitannya dengan proses
pembelajaran. Yaitu :
a) Korektif : memperbaiki
cara mengajar dan cara belajar
b) Pemahaman : memahami
kelebihan/kelemahan guru dan siswa
c) Penyesuaian : menyesuaikan
pembelajaran dengan karakteristik siswa
d) Pengayaan : menerapkan
strategi pembelajaran yang bervariasi
e) Akselerasi : mempercepat
penguasaan materi
f) Terapeutik : membantu
mengatasi masalah sosial-pribadi
Perbedaan Kegiatan
Remedial dari Pembelajaran Biasa
Secara sepintas remedial tidaklah jauh
berbeda dengan pembelajaran biasa. Tapi
disini akan dijabarkan tentang perbedaan kegiatan remedial dari pembelajaran
biasa dalam tabel berikut :
KOMPONEN
PEMBELAJARAN
|
PEMBELAJARAN
BIASA
|
KEGIATAN
REMEDIAL
|
Tujuan
|
Berlaku bagi semua siswa (klasik)
|
Bersifat individual
|
materi
|
Sama untuk semua siswa
|
Sesuai dengan kesulitan siswa
|
Kegiatan Pembelajaran
|
ü
Diikuti semua siswa
ü
Metode dan media bersifat klasik
|
ü
Diikuti oleh siswa yang bermasalah
ü
Metode dan media bersifat individual
atau kelompok
|
Evaluasi
|
Sama untuk semua siswa
|
Bersifat individual atau kelompok
|
Pendekatan Dalam
Kegiatan Remedial
Warkitri dkk (1991) mengemukakan tiga pendekatan daam
kegiatan remedial. Yaitu :
1. Pendekatan
yang besifat preventif
Dipandang bersifat
prefentiv apabila kegiatan remedial dilaksanakan untuk membantu siswa yang
diduga akan mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran. Guru yang sudah
berpengalaman , dari keakrabannya dengan siswa , telah mengetahui kelemahan
siswanya. Contoh : guru mengetahui bahwa
si A memiliki kelemahan dalam pengerjaan soal matematika. Maka guru tersebut
akan lebih mengasah kemampuan si A dalam memberikan soal matematika.
2. Pendekatan
yang bersifat kuratif
3. Pendekatan
tang bersfat pengembangan
Jenis-jenis Kegiatan
Remedial
Banyak kegiatan yang dapat dilakukan guru untuk membantu
siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi pembelajaran. Yaitu :
1. Mengajarkan
kembali
2. Menggunakan
alat peraga
3. Kegiatan
kelompok
4. Tutorial
5. Sumber
belajar yang relevan
Prinsip Pelaksanaan
Kegiatan Remedial
1. Apabila
ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar , ada kalanya siswa
tersebut di jadikan satu kelompok dalam memahami pembelajaran. Tapi jika
kesulitan yang dialami siswa berbeda-beda , maka guru harus mengajarinya secara
individual.
2. Bantuan
yang diberikan ada baiknya sesuai dengan kesulitan yang dihadapi siswa
tersebut.tugas dari remedial seharusnya tidak boleh terlalu banyak. Sehingga
menambah ebban yang terlalu banyak bagi siswa tersebut. Dengan demikian guru
harus memiliki kepekaan yang tinggi dalam mengetahui kesulitan siswa.
3. Kegiatan
remedial harus dilaksanakan oleh guru tersebut.
4. Metode
harus sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.
Lebih lanjut Wardani (1991) dalam memilih bentuk kegiatan
dan metode yang akan diterapkan dalam kegiatan remedial guru perlu
memperhatikan hal berikut :
1. Memanfaatkan
latihan khusus, terutama bagi siswa yang mempunyai daya tangkap lemah.
2. Menekankan
pada segi kekuatan yang dimiliki siswa.
3. Memanfaatkan
penggunaan media yang muulti-sensori.
4. Memanfatkan
permainan sebagai sarana belajar, teruttama bagi siswa yang kurang adanya
motivasi belajar.
PROSEDUR KEGIATAN
REMEDIAL
Langkah-langkah kegiatan remedial :
1. Analisis
Hasil Diagnosis. Melalui kegiatan diagnosis , guru akan mengetahui para siswa
yang perlu mndapatkan bantuan.
2. Menemukan
penyebab kesulitan. Sebelum memulai kegiatan remedial. Kita harus mengetahui
mengapa siswa tersebut mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran.
3. Menyusun
rencana kegiatan remedial. Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana
pembelajaran. Sama halnya dengan pembelajaranbiasa. Komponen nya harus
direncanakan.
4. Melaksanakan
kegiatan remedial. Kegiatan remedial dilakukan diluar jam perlajaran. Untuk
membantu siswa yang membutuhkan.
0 komentar:
Posting Komentar