RPP KTSP Kelas 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SD/MI                         : SDN 22 PONTIANAK
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : V (lima) / I (Ganjil)  
Alokasi Waktu            : 2 x 30 (Menit)
Hari / tanggal              : Rabu / 17 Juli 2013
Jumlah siswa               : 30 orang



I.                   Standar Kompetensi
1.   Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

II.                Kompetensi dasar
1.5 Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.

III.             Indikator
A.    Mempelajari dan memahami Jenis dan Bentuk Usaha Bidang Ekonomi.
B.     Mempelajari dan mengetahui Kegiatan Ekonomi.

IV.             Tujuan Pembelajaran
A.    Siswa dapat mempelajari dan memahami apa saja Jenis dan Bentuk Usaha Bidang Ekonomi.
B.     Siswa dapat mengetahui dan memahami tentang kegiatan ekonomi.

V.        Karakter yang diharapkan
A.       Kritis
B.        Teliti
C.        Tekun
D.       Patuh
E.        Bertanggung jawab

VI.             Uraian materi

A.     Jenis-Jenis Usaha Bidang Ekonomi
                  Jenis-jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat Indonesia beraneka ragam, di antaranya adalah pertanian, perdagangan, perikanan, peternakan, industri kerajinan, dan jasa.
B.     Bentuk Usaha Menurut Pemiliknya                 
                  Bentuk usaha dalam bidang masyarakat ada yang dikelola sendiri (milik perorangan) dan ada pula yang dikelola secara kelompok (milik bersama). Menurut pengelolaan dan kepemilikan usaha, bentuk usaha dibedakan menjadi dua, yaitu milik perorangan (perusahaan perorangan) dan milik bersama (perusahaan persekutuan). Perusahaan perorangan adalah usaha yang modalnya dimiliki satu orang dan kegiatan usahanya dijalankan sendiri oleh pemiliknya. Bentuk usaha ini banyak ditemukan karena sederhana, mudah cara pendiriannya, pajaknya ringan, dan modalnya sedikit.
                  Perusahan perseorangan, di antaranya adalah perusahaan sepatu (Cibaduyut), perusahaan perak (Kota Gede Yogyakarta), dan perusahaan batik (Solo). Perusahaan milik bersama dinamakan perusahaan persekutuan. Anggotanya terdiri atas beberapa orang yang bekerja sama untuk mendapatkan keuntungan. Setiap anggota bertanggung jawab atas kewajiban-kewajiban usaha persekutuannya. Usaha persekutuan terdiri atas sebagai berikut :
1.            Persekutuan Firma (Fa)
2.            Persekutuan Komanditer (CV)
3.            Perseroan Terbatas (PT)
4.            Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
5.            Badan Usaha Swasta
6.            Koperasi
C.    Kegiatan Ekonomi
                  Dalam kehidupan dan kegiatan ekonomi sehari-hari, kita tidak dapat lepas dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiganya saling berkaitan dan berkesinambungan, yaitu :
1.            Kegiatan Produksi
               Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Orang yang melakukan produksi disebut produsen. Yang termasuk kegiatan produksi, antara lain periklanan, industri, dan kerajinan. Contoh jenis produksi hasil dari olahan teknologi adalah sebagai berikut :
a.       Jenis produk makanan, misalnya tahu, tempe, tape, selai, trasi dan lain-lain.
b.      Jenis produk minuman seperti serbat, sirup, teh, minuman ringan dan lain-lain.
c.       Jenis produk keperluan sehari-hari, misalnya obat-obatan, minyak rambut, sabun, dan lain- lain.
2.            Kegiatan Distribusi
               Distribusi adalah penyebaran hasil produksi ke konsumen. Produk yang dihasilkan produsen disalurkan ke pemakai atau konsumen melalui perantara. Perantara atau orang yang menyalurkan hasil produksi ke konsumen disebut distributor. Agar proses distribusi lancar perlu adanya distributor.

3.            Kegiatan Konsumsi
               Konsumsi adalah kegiatan memakai atau menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan, baik berupa barang maupun jasa. Konsumen adalah orang yang memakai hasil produksi. Contoh kegiatan konsumsi, antara lain kegiatan menghabiskan makanan dan kegiatan menggunakan kendaraan.


VII.          Metode pembelajaran
A.    Ceramah
B.     Tanya jawab
C.     Bermain peran
D.    Penugasan

VIII.       Sumber dan Media  Pembelajaran
A.    Sumber Pembelajaran
1.            BSNP. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD. Jakarta: Depdiknas.
2.            Siti Syamsiyah, Sri Utami, R Sutono, Sri Sadiman dan Sutrisno Abdul Kharis A. 2008. ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Untuk Kelas V SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

B.     Media Pembelajaran
1.            Proyektor

IX.             Langkah – langkah Pembelajaran

A.    Kegiatan Awal (± 10 Menit)
1.            Salam pembuka
2.            Do’a
3.            Absensi

B.     Kegiatan Inti (± 35 Menit)

1.            Eksplorasi
a.          Siswa menyebutkan usaha-usaha di Indonesia yang diketahui.

2.            Elaborasi
a.      Siswa menyimak penjelasan tentang jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.
b.         Pembagian kelompok dan penugasan.
c.          Perwakilan kelompok diminta menuliskan hasil pekerjaan kelompoknya di papan tulis.
d.         Dengan bimbingan guru, kelompok lain diminta untuk menanggapi jawaban dari kelompok yang bermain peran.
e.          Siswa diberkani kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dimengerti.

3.      Konfirmasi
a.          Siswa mendengarkan tanggapan guru kepada masing-masing kelompok (dengan  memberikan beberapa contoh).

C.    Kegiatan Akhir (± 15 menit)
1.      Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan dari materi yang dipelajari.
2.      Evaluasi.
3.      Refleksi.
4.      Tindak lanjut (memberikan motivasi dan mengingatkan siswa untuk mempelajari kembali materi yang telah dipelajari hari ini).
5.      Penutup dan salam.
6.      Do’a.


X.                Evaluasi
A.    Prosedur Tes
1.      Penilaian proses (keaktifan siswa selama proses pembelajaran)
2.      Penilaian hasil (kemampuan siswa dalam mengerjakan soal evaluasi)

B.     Jenis Tes
1.      Tertulis dan lisan

C.    Instrumen Penilaian

1.      Penilaian Proses


Format penilaian proses


Kelompok
No.
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
Skor
Keaktifan
Kerjasama
Keberanian
Kesungguhan
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
1.


















2.


















3.


















4.


















5.


















6.



















Dst.


















Kriteria penilaian proses:         13 – 16            = A (baik sekali)
                                                9 – 12              = B (baik)
                                                5 – 8                = C (cukup)
0        – 4             = D (kurang)



2.      Penilaian Hasil
a.         Soal-soal

Kerjakan soal – soal berikut ini dengan baik dan benar !

1.         Sebutkan jenis-jenis usaha di bidang ekonomi !

2.         Jelasakn perbedaan perusahaan perorangan dan perusahaan persekutuan !

3.         Sebutkan 6 Jenis Usaha yang termasuk ke dalam usaha persekutuan !

4.         Sebutkan 3 kegiatan ekonomi !

5.         Apakah yang dimaksud dengan kegiatan produksi ? serta berikan contohnya!


Kunci jawaban :


No
Jawaban
Skor
`1
1.   pertanian,
2.   perdagangan,
3.   perikanan,
4.   peternakan,
5.   industri kerajinan, dan
6.   jasa.
20
2.
Perusahaan perorangan adalah usaha yang modalnya dimiliki satu orang dan kegiatan usahanya dijalankan sendiri oleh pemiliknya.sedangkan perusahaan persekutuan adalah usaha yang dibentuk bersama-sama dan modalnya bersama serta kegiatan usahanya dijalankan bersama-sama anggota
20
3

1.   Persekutuan Firma (Fa)
2.   Persekutuan Komanditer (CV)
3.   Perseroan Terbatas (PT)
4.   Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
5.   Badan Usaha Swasta
6.   Koperasi

20
4
1.   Produksi
2.   Distribusi
3.   Konsumsi

20
5
Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya ; makanan, pakaian, dll.
20
Total
100

1 komentar:



analisis pembelajaran mengatakan...

Bagus, ijin cuplik ya

Posting Komentar