RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : SDN 11 PONTIANAK
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : II (Dua) / II(Genap)
Alokasi Waktu : 1 x 25 (Menit)
Hari / tanggal : Rabu / 17 november 2012
I.
Standar
Kompetensi
Melakukan
perkalian bilangan sampai dua angka.
II.
Kompetensi
dasar
Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
III.
Indikator
a.
Siswa dapat
memahai perkalian sebagai penjumlahan berulang.
b.
Siswa dapat
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
a. setelah
melakukan perkalian sebagai penjumlahan berulang, siswa dapat menyelesaikan soal tentang perkalian.
b. setelah memahami semua masalah yang berkaitan
dengan perkalian , siswa menyelesaikan
2 soal tentang perkalian secara individu.
V. Karakter
yang diharapkan
·
Berfikir
logis
·
Kritis
·
Berhitung
dengan teliti.
VI.
Uraian
materi
Perkalian
Bilangan
Perkalian sebagai penjumlahan berulang
|
|
|
|
2
+ 2 + 2 + 2 = 8
4 x 2
= 8
Perhatikan
gambar di bawah ini. Ada 3 ekor kucing. Berapa jumlah kaki kucing tersebut jika
setiap kucing memiliki 4 kaki?
4
+ 4 + 4 = 12 atau 3 x 4 = 12
3 ekor
kucing setiap kucing Jumlah semua
mempunyai
4 kaki kaki
kucing
VII. Metode pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan.
VIII. Kegiatan Belajar Mengajar
A.
Kegiatan
Awal (3 Menit )
·
Salam, do’a,
memeriksa Kebersihan, Absensi
·
Apresiasi (penjumlahan
dan perkalian)
·
Informasi
tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan
B.
Kegiatan
Inti (12 menit)
·
Eksplorasi
-
Guru
bertanya tentang perkalian bilangan.
-
Guru
bertanya tentang masalah yang berkaitan dengan perkalian.
·
Elaborasi
-
Guru menjelaskan tentang perkalian.
-
Siswa diminta
menyelesaikan soal secara individu.
-
Perwakilan
kelas diminta agar menuliskan hasil kerjanya di papan tulis.
·
Konfirmasi
-
Memberi
penguatan yang positif kepada siswa selama kegiatan belajar mengajar.
-
Guru
meluruskan jawaban siswa yang kurang benar.
C.
Kegiatan
penutup ( 10 menit )
·
Penilaian (guru memberikan soal berdasarkan tujuan
pembelajaran) tidak boleh pekerjakan rumah dan
langsung dikumpulkan.
·
Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a.
·
Salam
penutup.
IX.
Media dan
sumber belajar
A.
Media
Gambar dan angka.
B.
Sumber
belajar
·
Magantur,
Jautar M, Sarman, 2007, Cerdas Bersama Matematika untuk kelas 2 semester 2,
Ganeca exact , Bekasi, halaman 1 – 26.
·
Gambar
X.
Evaluasi
A.
Prosedur
Tes tertulis
B.
Bentuk tes
Tertulis
XI.
Soal – soal
selesaikanlah perkalian berikut dengan penjumlahan !
|
|
|
|
3x 4 = .
. . + .
. . + . . .
+
. . .
= . . .
2.
2 x 3 = . .
. + … +
. . . = . . .
Pembahasan atau kunci jawaban
1.
|
|
|
|
3 x 4 = 3
+ 3
+ 3 +
3 = 12
2.
2 x 3 = 2 +
2 + 2 = 6
Pedoman Penilaian
No
|
Sekor
|
1.
|
50
|
2.
|
50
|
0 komentar:
Posting Komentar