RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI :
SDN 11 PONTIANAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IV (empat) / II (Genap)
Alokasi Waktu :
1 x 25 (Menit)
Hari / tanggal :
Rabu / 24 Juni 2013
Jumlah siswa :
25 orang
I.
Standar Kompetensi
6.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dengan berbalas pantun dan bertelepon
II.
Kompetensi dasar
6.1
Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
III.
Indikator
A.
Menuliskan pengertian
pantun.
B.
Mencontohkan cara
berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
C.
Berbalas pantun di
depan kelas.
IV.
Tujuan Pembelajaran
A. Dengan
tanya jawab, siswa dapat memahami pengertian pantun.
B.
Dengan menggunakan media chart, guru
mengajarkan cara berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
C.
Dengan menggunakan media chart, murid
berbalas pantun di depan kelas secara berkelompok.
V. Karakter yang diharapkan
A. Berfikir
logis
B. Kritis
C. Tekun
D. Bertanggung
jawab
E. Berani
VI. Uraian materi
A. Pengertian Pantun
Pantun merupakan salah satu jenis karya
sastra Indonesia lama. Pada awalnya merupakan karya sastra lisan. Namun,
sekarang banyak juga dijumpai pantun yang tertulis. Berdasarkan isinya, ada
pantun jenaka, pantun nasehat, dan pantun teka-teki.
B. Berbalas
Pantun
Dahulu, banyak orang yang bermain pantun.
Bermain pantun dilakukan berpasangan dan berkesinambungan. Permainan ini
disebut berbalas pantun. Biasanya, pantun yang dimainkan adalah pantun jenaka.
Pantun jenaka dapat menghibur hati para pemain dan penonton karena kelucuannya.
Isi pesannya berupa sindiran untuk lawan mainnya.
VII. Metode pembelajaran
A. Ceramah
B. Tanya jawab
C. Penugasan
VIII. Langkah – langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal (± 5 Menit)
1.
Salam, do’a, memeriksa Kebersihan,
Absensi
2.
Apresiasi (Pantun)
3.
Informasi tujuan pembelajaran dan
kegiatan yang akan dilakukan
B. Kegiatan Inti (± 15 Menit)
1. Eksplorasi
a.
Siswa mendengarkan guru menjelaskan
materi yang berkaitan dengan pantun.
b.
Murid menjawab pertanyaan guru tentang
masalah yang berkaitan dengan pantun.
2.
Elaborasi
a.
Siswa menjawab kembali pertanyaan guru
yang berkaitan dengan pantun.
b.
Dengan berkelompok yang terdiri dari
dua orang, siswa diminta untuk membacakan pantun di depan kelas.
3. Konfirmasi
a.
Memberi penguatan yang positif kepada
siswa selama kegiatan belajar mengajar.
b.
Jawaban yang kurang benar akan
dibenarkan oleh guru.
C. Kegiatan Akhir (10 menit)Kegiatan
penutup ( 10 menit )
a. Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan dari materi yang
dipelajari.
b. Evaluasi.
c. Refleksi.
d. Tindak lanjut (memberikan motivasi dan mengingatkan siswa untuk mempelajari kembali
materi yang telah dipelajari hari ini).
e. Do’a
f. Penutup dan salam.
IX.
Media
dan sumber belajar
A. Media
1. visual
B.
Sumber
belajar
1.
Edi
Warsidi, Farika, 2008, Bahasa Indonesia Membuatku
Cerdas kelas 4 semester 2, Pusat Perbukuan , Jakarta halaman 74 – 76.
2. BSNP. 2007. Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan SD. Jakarta: Depdiknas.
X.
Evaluasi
A.
Prosedur Tes
1. Penilaian proses
(keaktifan siswa selama proses pembelajaran)
2. Penilaian hasil (kemampuan siswa dalam mengerjakan
soal evaluasi)
B.
Jenis Tes
1.
Tertulis dan lisan
C.
Instrumen Penilaian
1.
Penilaian Proses
Format penilaian proses
Kelompok
|
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
Skor
|
|||||||||||||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Keberanian
|
Kesungguhan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian
proses: 13 – 16 = A (baik sekali)
9 – 12 =
B (baik)
5 – 8 =
C (cukup)
0 – 4 =
D (kurang)
2. Penilaian Hasil
a.
Soal-soal
Kerjakan soal – soal berikut ini dengan baik dan benar !
1.
Apa
yang dimaksud dengan pantun?
2.
Apa
jenis pantun yang biasa untuk berbalasan dan mengapa jenis pantun tersebut sering digunakan?
3.
Buatlah
dua pantun yang berbalasan dengan tema agama dan jenaka !
1 komentar:
Samsung Galaxy Watch 3 Titanium - TITanium
The Samsung Galaxy Watch 3. properties of titanium Titanium was a babyliss pro titanium hair dryer great device to purchase and titanium bolt to have, for titanium road bike a reason, it has two main components: 3D and 3D. titanium gravel bike The main components of the $39.95 to $89.99 · In stock
Posting Komentar